Pendidikan Bahasa Indonesia

VISI PROGRAM STUDI

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia adalah menjadi program studi yang berkualitas pada tingkat nasional dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia, ilmu pengetahuan, dan teknologi berdasarkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan  Yang Maha Esa pada tahun 2031.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan berkesinambungan dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia bertaraf skala nasional dan atau internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan hasil penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia.
  4. Menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, akuntabel, dan transparan.
  5. Berpartisipasi dalam meningkatkan kerjasama nasional dan internasional dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian
  6. Meningkatkan kompetensi tenaga edukatif dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia.
  7. Menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan secara berkala.

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMMY adalah sebagai pendidik/guru bahasa Indonesia untuk tingkat sekolah SMA/MA/SMK dan SMP/MTS, peneliti dan penulis dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra, ilmu bahasa, dan ilmu sastra Indonesia, jurnalis/wartawan dan editor dalam media massa, protokoler/MC, budayawan/pegiat budaya (lokal), dan wirausaha dalam bidang pengajaran, bahasa, dan sastra Indonesia.


SASARAN DAN STRATEGI

Sasaran 1. Peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran bahasa Indonesia

  1. Peningkatan kualitas kurikulum
  2. Peningkatan kualitas proes perkuliahan dan penilaian
  3. Peningkatan kualitas dosen baik itu studi lanjut maupun kenaikan fungsional.

Sasaran 2. Peningkatan bidang penelitian dan publikasi Ilmiah

  1. Dosen terlibat dalam penelitian kompetitif (baik pendanaan mandiri dari dalam perguruan tinggi maupun di luar peguruan tinggi)
  2. Publikasi ilmiah dosen pada jurnal nasional dan internasional serta prosiding
  3. Menerbitkan buku ber-ISBN
  4. Memiliki HAKI

Sasaran 3. Peningkatan kualitas pengabdian pada masyarakat

  1. Peningkatan kualitas pengabdian pada masyarakat yang melibatkan dosen, karyawan, dan mahasiswa
  2. Publikasi pada jurnal pengabdian

Sasaran 4. Peningkatan kompetensi mahasiswa dan lulusan

  1. Rata-rata indeks prestasi kumulatif lulusan
  2. Rata-rata lama studi
  3. Rata-rata lama masa tunggu lulusan
  4. Penghargaan yang diperoleh mahasiswa
  5. Presentasi alumni yang bekerja sesuai dengan pendidikannya
  6. Kontribusi alumni dalam kegiatan akademik dan non akademik di program studi

Sasaran 5. Peningkatan bidang kerja sama dan kelembagaan

  1. Peningkatan jumlah kerja sama dan kelembagaan

Penjelasan

Sasaran 1: Peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran bahasa Indonesia

a. Peningkatan kualitas kurikulum

Strateginya yaitu peninjauan dan peneympurnan kurikulum secara berkala untuk disesuaikan dnegan perkembangan teknologi dan kebutuhan pemangku kepentingan pendidikan.

b. Peningkatan kualitas proses perkuliahan dan penilaian

Strateginya yaitu:

  1. Pengembangan silabus, SAP, dan bahan ajar
  2. Monitoring perkuliahan yang dilakukan oleh Gugus Kendali Mutu (GKM) Program Studi
  3. Penilaian kinerja dosen oleh mahasiswa (EDOM)
  4. Peningkatan kualitas bimbingan skripsi, mekanisme ujian skripsi, dan PLK
  5. Pelatiahan pembelajaran berbasis ICT
  6. Peningkatan iklim akademik di kampus melalui mutu interaksi antara dosen dan mahasiswa

c. Peningkatan kualitas dosen

Strateginya yaitu:

  1. Pengiriman dosen untuk studi lanjut pada bidang relevan
  2. Pengiriman dosen untuk mengikuti pelatihan-pelatihan secara berkala

Sasaran 2 : Peningkatan bidang penelitian dan publikasi ilmiah

a. Dosen terlibat dalam penelitian kompetitif (baik pendanaan mandiri, dari dalam perguruan tinggi maupun dari luar perguruan tinggi)

Strateginya yaitu:

  1. Mensosialisasikan program hibah penelitian Dikti mapun LP3M UMMY kepada dosen dengan mengadakan seminar
  2. Memotivasi dosenn dalam melakukan penelitian kompetitif
  3. Mensosialissikan buku panduan penelitian yang telah diterbitkan oleh LP3M UMMY
  4. Melaksanakan pelatihan penyusunan proposal penelitian
  5. Penyediaan dana penelitian melalui lembaga LP3M UMMY

b. Publikasi ilmiah dosen pada jurnal nasional dan internasional serta prosiding

Strateginya yatiu:

  1. Memotivasi dosen utnuk mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal nasioanl dan internasional
  2. Mengumpulkan data mengenai nama-nama jurnal nasional dan internasional bereputasi yang relevan utnuk disiplin ilmu
  3. Memotivasi dosen untuk berpartisipasi akatif sebagai pembicara dalam acara seminar nasional dan internasional
  4. Menerbitkan e-jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
  5. Menjalin kerja sama dengan prodi dari perguruan tinggi lain untuk mempublikasikan karya ilmiah

c. Menerbitkan buku Ber-ISBN

Strateginya yaitu:

  • Memotivasi dosen untuk menulis buku
  • Mengikutkan dosen pada hibah untuk penulisan buku ajar yang didanai Drrjen Dikti
  • Motivasi dosen dalam melakukan publikasi hasil penelitian dalam bentuk buku berbasis riset
  • Penyediaan dana insentif mengikuti hibah penulisan buku ajar
  • Pelatihan penulisan buku akademik

d. Memiliki HAKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Strateginya:Memotivasi dosen untuk memiliki HAKI

Sasaran 3 : Peningkatan kualiats pengabdian kepada masyarakat

Peningkatan kualitas  pengabdian pada masyarakat yang melibatkan dosen, karyawan, dan mahasiswa. Strateginya

  1. Memberikan dana pengabdian kepada masyarakat yang dikelola oleh LP3M UMMY
  2. Mendorong dosen agar mengajukan proposal pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Dirjen Dikti
  3. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang membutuhkan keahlian yang dimiliki oleh dosen program studi
  4. Melakukan pelayanan kepada masyarakat berupa konsultasi, pelatihan, dan penyuluhan sesuai dengan komptensi dosen
  5. Menjadi ketua pengabdian secara bergantian di setiap semester
  6. Mempublikasi kegiatan pengabdian dalam jurnal pengabdian di setiap semester

Sasaran 4 :Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dan Lulusan

a. Rata-rata indeks prestasi kumulatif lulusan

Strateginya yaitu:

  1. Mengoptimalkan layanan konseling melalui penasihat akadmeik (PA) bagi semua mahasiswa prodi pendidikan bahasa Indonesia
  2. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif melalui peningkatan interaksi dosen dengan mahasiwa
  3. Peningkatan proses belajar mengajar di kelas melalui pembelajaran aktif dengan penggunaan perangkat multimedia
  4. Peningkatan peran Gugus Kendali Mutu (GKM) di pendidikan bahasa Indonesia
  5. Peningkatan mutu pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran dengan meningkatkan kualitas bahan ajar
  6. Pengintensifan layanan bimbingan proposal dan skripsi

b. Rata-rata lama studi

Strateginya yaitu:

  1. Mengoptimalkan layanan konseling melalui penasihat akadmeik (PA) bagi semua mahasiswa prodi pendidikan bahasa Indonesia
  2. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif melalui peningkatan interaksi dosen dengan mahasiwa
  3. Peningkatan proses belajar mengajar di kelas melalui pembelajaran aktif dengan penggunaan perangkat multimedia
  4. Peningkatan peran Gugus Kendali Mutu (GKM)di pendidikan bahasa Indonesia
  5. Peningkatan mutu pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran dengan meningkatkan kualitas bahan ajar
  6. Pengintensifan layanan bimbingan proposal dan skripsi
  7. Peningkatan jumlah penelitian kolaborasi antara dosen dan mahasiswa

c. Rata-rata lama masa tunggu lulusan

  1. Pembekalan kepada mahasiswa tentang kepemimpinan, agama, dan kewirausahaan
  2. Kerja sama program studi dengan stake holder untuk menjajaki kebutuhan tenaga kerja

d. Pengharagan yang dieproleh mahasiswa

  1. Mendorong mahasiswa mengerti berbagai kompetisi relevan yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga
  2. Peningkatan layanan  kepada mahasiswa baik kurikuler maupun ekstrakurikuler
  3. Mendorong mahasiswa utnuk berpartisipasi aktif dalam keanggotaan

e. Presentase alumni yang bekerja sesuai dengan pendidikannya

  1. Peningkatan kompetesi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial mahasiwa melalui mata kuliah yang diajarkan
  2. Peningkatan interaksi mahasiswa dengan sekolah selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi
  3. Peningkatan kemmapuan mahasiswa dalam wawasan tentang pendidikan dan pembelajran di sekolah

f. Kontribusi alumni dalam kegiatan akademik dan non akademik di program studi

  1. Mengisi artikel jurnal imiah yang diterbitkan oleh program studi
  2. Menyelenggarakan silaturahim antar alumni secara rutin minimal pada saat hari raya Idul Fitri (halal bihalal)
  3. Memberi kontribusi terhadap peningkatan sarana dan prasarana prodi seperti pembuatan website, sumbangan buku-buku, dan fasilitas lainnya
  4. Berperan aktif dalam membrikan kesempatan dan peluang bagi terlaksananya PLK, kegiatan penelitian dan pengabdian di tempat alumni bekerja

Sasaran 5 : Peningkatan bidang kerja sama dan kelembagaan

a. Peningkatan jumlah kerja sama dan kelembagaan

  1. Meluaskan jejaring lembaga dnegan berbagai pihak dengan prinsip saling menguntungkan
  2. Membangun inisiatif kerja sama dengan lembaga lain baik lokal, regional maupun nasional
  3. Memperkuat dan menindaklanjuti kerja sama yang telah dijalin

PEDOMAN AKADEMIK

GUGUS KENDALI MUTU

Tugas Gugus Kendali Mutu:

  1. Menyusun evaluasi diri unit kerja
  2. Menyusun standar mutu, prosedur kerja (SOP), instruksi kerja dan formulir
  3. Menyusun standar akademik spesifikasi program studi
  4. Mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan sesuai SOP
  5. Mengevaluasi pemenuhan standar akademik
  6. Mengikuti rapat-rapat pejaminan mutu
  7. Kerjasama pihak terkait
  8. Membuat laporan dalam bidangnya.

KURIKULUM


DAFTAR PENELITIAN


DAFTAR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT


DOSEN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

No

Nama Dosen

Jabatan Fungsional

1

Dr. Redo Andi Marta, S.Pd., M.Pd

Lektor

2

Dr. Zona Rida Rahayu, S.Pd., M.Pd

Lektor

3

Rini Wirasty. B, S.S., M.Pd

Lektor

4

Mega Putri, S.Pd., M.Pd

Lektor

5

Elan Halid, S.S., M.Pd

Lektor

6

Dian Shaumia, M. Pd

Asisten Ahli

7

Tomi Farto, S.Pd., M.Pd

Tenaga Pengajar


MBKM


DOKUMENTASI KEGIATAN

Profil Dosen


DOKUMEN PRODI


STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)